Bisnis Untuk Masa Pensiun

Monday, July 16, 2012

Hari Pertama Si Kecil Sekolah

Senangnya hari ini adalah hari pertama anak-anak sekolah. Yang berbeda adalah, abang akan bersekolah di sekolah yang sama dengan kakak. Setelah beberapa hari sebelumnya kakak selalu bertanya kapan mereka masuk sekolah, akhirnya datang juga waktunya, daaann.... mereka (kakak dan abang) benar-benar bersemangat loh bunda...

Setelah diantar, suamiku berkata.... "waaahhh, abang semangat banget dan gak minta ditungguin tuh, dia langsung berbaur". Pulangnya, aku ikutan jemput mereka dan kulihat kakak sedang membantu abang memakai sepatu. Heheheh, lucunya kalian...

Berikut beberapa tips versiku agar si kecil siap untuk sekolah di hari pertamanya:
  1. Ingin tahu, tumbuhkan rasa ingin tahu si kecil tentang sekolah mulai dari beberapa waktu sebelum masuk sekolah. Misalnya, membiarkan dia mendengar saat kita bertanya pada kakaknya apa yang menyenangkan di sekolah.
  2. Perlihatkan pada anak detil yang berhubungan dengan sekolah, mulai dari baju seragam yang akan dipakainya nanti, tas dan sepatunya, ataupun anak-anak yang pulang sekolah di jalan, dll.
  3. Beritahukan beberapa hal dasar yang mungkin akan dialaminya di sekolah baru, misal jika ia ingin pipis bisa tunjuk tangan dan panggil ibu guru maka ibu guru akan membantu, ataupun jika saatnya makan tiba kamu bisa mengambil bekalmu di tas dan ingatlah untuk mengembalikannya lagi ke dalam tas, atau juga katakan bahwa kita akan menjemput setelah pulang sekolah karena saat di sekolah ada guru yang menjaganya, dll.
Hal-hal di atas kulakukan rutin seminggu sebelum abang sekolah, alhamdulillah akhirnya abang benar-benar sekolah sekarang, bukan "sekolah" lagi... :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan