Bisnis Untuk Masa Pensiun

Thursday, January 21, 2010

Baby Diapers vs Popok Kain

Berawal dari perasaan aneh, kok duit jajan Bunda tau-tau sudah habis aja nih? Beli apa aja yah? Awal bulan dompet sudah koma aja judulnya... Ahhhaaaa, akhirnya Bunda 'ngeh sekarang... aduuuhhh nak, ini gara2 diapersmu, hiks...

Dari dulu sebenarnya sudah curiga banget tapi karena sibuk bekerja untuk mengumpulkan pundi2 dapur (hallah bahasanya), jadi teralihkan aja padahal anak sudah yang kedua nih.

Umur 0-3bln
Bunda punya prinsip kamu gak perlu pake diapers cukup popok kain, walaupun Bunda jadi gak bisa tidur malem gara-gara baby bangun setiap buang air kecil ataupun keciprit. Selain itu cucian Bunda menumpuk sampe tingginya setengah kaki Bunda (males tuh). Alasan lainnya takut kena ruam popok juga.

Umur 3-5bln
Bunda pakein diapers kalo pas mau pergi aja dan malam hari (Bunda sudah mulai aktif kerja lagi soalnya nih), jadi paling dalam 1 hari maksimal cuma pake diapers 2kali. Ruam popok gak jadi masalah ternyata karena Bunda langsung cepat ganti diapers kalau kamu pup, terusnya maksimal kalau gak pup diapersnya dipake 4jam.

Umur 5bln-sekarang (9bln)
Pake diapers mulu nih mulai dari pagi abis bangun tidur. Minimal pemakaian dalam 1hr 2kali dan maksimal pemakaian bisa sampe 6kali ganti. Rata-rata Bunda beli diapers merk Pampers baby dry isi 34 habis dalam waktu 5hari.

Hitung-hitungan
Ok, yuk dihitung... kenapa Bunda pakein kamu merk Pampers? Dari sekian banyak merk yang sudah dicoba kayaknya kamu emang paling cocok pake Pampers. Kadang Bunda pilih Huggies atau Mamy Poko kalau pas lagi di beberapa toko yang gak jual Pampers. Cuma ya itu, kamu emang banyakan pake Pampers. Bunda tau sih paling murah beli Pampers itu ya di Makro (kurang lebih 65rb untuk ukuran XL isi 34), tapi untuk ke Makro kan gak bisa sering-sering, alhasil selama ini kayaknya baru 4 kali deh ke Makro beli Pampers. So, hitungannya dirata-ratain aja deh...

80rb x 6 kali beli/bln = 480rb/bln x intens pemakain 6bln terakhir = 2,88jt

Perkiraan pemakaian sampai dengan usia 2,5thn (20 bulan lagi) x 480rb/bln = 9,6jt

Oh no, darling... Bunda musti bergerak cepat nih... usia kakakmu aja sekarang 3th tapi untuk saat-saat tertentu Bunda masih butuh diapers juga.
Kata temenku sih masalah uang masalah yang sensitif, mungkin itu juga kali yah akhirnya bikin Bunda jadi cepet "nyadar", heheheh..
Bukannya Bunda pelit sama kamu sayang, tapi lebih baik kalau Bunda bisa sisihkan untuk ditabung kan? Buka rekening tabungan di Prudential lagi misalnya? ^^

Disposable Diapers (Popok Sekali Pakai) vs Cloth Diapers (Popok Kain yang Dapat Berulangkali Pakai)
Pilihan Bunda sekarang jatuh pada cloth diapers nih (re-used diapers, thanks to auntymu nih yang ngenalin Bunda), emang sih harga pertama belinya rada mahal (hiks, berasa bo!) kurang lebih 175rb-330rb/pc. Tapi tetap ujung-ujungnya jauh lebih hemat. Disarankan sih punya minimal sekitar 10 cloth diapers. Begini hitungan rata2nya...

250rb x 15pc = 3,75jt

Yup, sayang.... jauh sekali yah, karena cloth diapers ini juga pemakaiannya bisa sampai dengan 2 thn jika perawatan setelah pemakaiannya mengikuti cara yang benar. Yah bertahaplah Bunda belinya.... Buat Bunda yang pengen juga, coba kunjungi di sini.

Alasan Lainnya
Yah, masa cuma karena uang terus nih Bun? Tentunya Bunda punya pertimbangan lain, ini beberapa diantaranya...
  • prinsip awal Bunda yang gak pengen pakein kamu disposable diapers jadi terwujud lagi nih (gak anti banget sih tapi paling gak mengurangi pemakaian kimia yang terkandung pada disposable diapers).
  • Kakak bisa pake juga loh...
  • Bahannya lembut, harapan Bunda bisa bikin kamu dan kakak tambah nyaman dan tetap sehat.
  • Let's go green, bener banget karena ikut melestarikan lingkungan juga.
  • Perkiraan selisih perhitungan penggunaan disposable diapers dengan cloth diapers bikin Bunda jadi merasa kaya lagi nih baik materi maupun ilmu.
  • Aduuhh, lucu-lucu banget motif diapersnya, bikin gregetan nih... ^^

Lihat koleksinya yuks Bun, di http://wowluculucu.multiply.com

2 comments:

ke2nai said...

salah satu pengeluaran yg terbesar u/ anak adalh sufor & diapers y.. u/ anak2 sy gak minum sufor & gak t'gantung sm diapers. Jd keuangan gak terganggu :D

bunda_anggie said...

ya ampun, bunda... aku gak bisa bayangin... hiks....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan