Bisnis Untuk Masa Pensiun

Thursday, March 26, 2009

Melahirkan Tidak Sakit?

Melahirkan merupakan suatu proses yang ditunggu oleh para Moms to be setelah menjalani tahap kehamilan selama 9 bulan lebih, namun ini juga merupakan tahap di mana Bunda deg-degan untuk menjalani prosesnya. Syukurlah, saat ini sudah semakin marak info dan panduan untuk mengurangi rasa sakit saat melahirkan terutam apada persalinan spontan atau normal.

Apa saja ya?
  1. Epidural, merupakan proses pembiusan yang hanya diberikan pada bagian tertentu saja dan dilakukan dengan cara suntik di punggung saat bukaan sudah mencapai 4 - 5 cm. Terkadang ada Bunda yang lebih nyaman menggunakannya bila dibandingkan pembiusan total maupun jika memilih tindakan caesar.
  2. Waterbirth, merupakan metode persalinan yang dilakukan di dalam air, di mana ibu mulai masuk ke dalam kolam saat mencapai pembukaan 6. Meskipun saat ini masih sedikit yang baru mencoba metode ini namun banyak Bunda yang mengaku sangat menikmati proses persalinan tersebut hingga terkadang tidak menimbulkan sobek melahirkan sama sekali.
  3. Hypnobirthing, metode ini juga tergolong baru namun juga sudah mulai banyak yang menjalaninya karena terbukti sangat membantu para Bunda untuk lebih enjoy menghadapi persalinan. Dengan cara terapi alternatif melakukan latihan bagi Bunda yang membawa suasana tenang, rileks dan dalam keadaan sadar sepenuhnya untuk melakukan persalinan.
Apakah ada efek sampingnya? Di sini dirangkum beberapa efek bagi ibu saat menerapkan metode di atas, yaitu:

  1. Epidural, pada beberapa keluhan seperti masih terdapat beberapa bagian tubuh yang merasa sakit karena hanya sebagian saja yang terbius, menggigil dan gemetar, ada juga beberapa yang susah buang air kecil setelah persalinan.
  2. Waterbirth, saat ini baru diketahui bahwa menjadikan ibu malas mengejan karena rasa nyaman dan hangat berada di kolam dan suhu tubuh ibu terlalu rendah jika proses persalinan lama.
  3. Hypnobirthing, metode ini belum ada yang membahas mengenai efek sampingnya karena sangat alami dan masih tergolong baru.
Jadi, yang manakah menjadi pilihan Bunda? Insya Allah menjadi yang terbaik bagi ibu dan bayi.
Lebih lanjut konsultasikan kemungkinan penggunaan metode di atas dengan dokter anda begitu juga mengenai kelebihan-kerugian, efek samping bagi ibu dan bayi.

Semoga bermanfaat....

sumber: dikutip dari berbagai sumber





No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan