Bisnis Untuk Masa Pensiun

Friday, May 1, 2009

Ruthab untuk Anti Demam Berdarah

Tau kan sekarang demam berdarah (DB) marak lagi. Di daerahku ada anak tetangga yang kena gejala DB, daerah ortuku ada cucu tetangga juga yang kena gejalanya, naahhh tanteku sendiri diopname 3 hari gara-gara positif DB. Gak mau kan DB ini terjadi pada anggota keluarga Bunda? Yuk kita cari tau...

Apa saja gejalanya?
  1. Menggigil
  2. Nyeri kepala
  3. Nyeri saat menggerakkan bola mata ke samping
  4. Nyeri punggung dan tengkuk 
  5. Panas tinggi sampai 40 derajat Celcius, kadang naik kadang turun
  6. Wajah memerah dan kadang juga disertai bola mata yang memerah
Apabila demam terjadi lewat 2 hari dan terjadi gejala di atas, segeralah ke dokter dan memeriksa darah untuk mengetahui kadar trombosit.

Bagaimana mengatasinya?
  1. Perbanyaklah minum air putih lebih dari 10 gelas sehari
  2. Minum minuman untuk menambah ion tubuh seperti Pocari Sweat
  3. Minum obat penurun panas seperti Panadol
  4. Makan yang banyak
  5. Minum jus jambu merah, dan ruthab
Nah khusus untuk Ruthab sendiri, aku pengen cerita nih...
Ruthab merupakan salah satu jenis kurma yang biasa  dijumpai di Arab, merupakan kurma muda, lebih manis, bentuknya kecil dan lunak. 

Kini Ruthab telah diolah sedemikian rupa menjadi sari kurma sehingga dapat dikonsumsi seperti gula (untuk minum teh / susu), selai (untuk roti) atau langsung diminum layaknya vitamin. Kemasannyapun ekonomis dengan isi 300ml, dapat dibeli di daerah Tanah Abang di berbagai toko oleh2 haji, toko Total buah, ada juga di Restoran Ampera Pemuda dekat Arion, harganya sekitar 25ribu.

Adapun manfaat Ruthab selain untuk menambah kadar trombosit bagi penderita demam berdarah adalah sbb:
  1. Memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit
  2. Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) dan pertumbuhan tulang bagi anak-anak
  3. Nutrisi untuk ibu hamil, menyusui, dan pada masa perencanaan kehamilan
  4. Melancarkan buang air besar
  5. Meningkatkan kadar sel darah dan mencegah anemia
  6. Memudahkan keluarnya dahak
  7. Aman bagi penderita diabetes (bila dikonsumsi tidak berlebihan)
  8. Aman dikonsumsi anak-anak
So, bisa jadi satu alternatif vitamin bagi Bunda, buah hati Bunda dan anggota keluarga nih...

3 comments:

Anonymous said...

asih banyak rahasia bunda...:) tetap semangat post-in info2 yang berguna buat para ibu yahh..-ranita-

Anonymous said...

wah, ruthab lagi susah dicari... di mana ya bun nyarinya? need your info... tqb4, rinrin

Rahasiabunda said...

wah, biasanya sih sering di Total supermarket tuh, kalau aku sering beli di Restoran Ampera Pemuda. Tapi coba deh mba Rin cari di Tanah Abang khusus toko oleh2 haji atau di Bursa Sajadah Saharjo, mudah2an ketemu yaa... aku jadi pengen beli lagi nih... :>

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan