Bisnis Untuk Masa Pensiun

Saturday, March 28, 2009

Tabungan Pendidikan Takaful

Anak pertamaku, kuikutsertakan dalam tabungan pendidikan Takaful yaitu FULNADI. Awalnya karena sudah kenal dengan marketingnya sewaktu ikut dalam asuransi kendaraan Takaful. Gak banyak juga sih yang aku ambil berhubung masih awam banget, pertanyaan pertama selalu saja berapa setoran terkecilnya? heheheh, aku masih orang Indonesia kok...

Dan akhirnya aku ambil 1,2 jt/th, berikut adalah keunggulannya:
  1. merupakan tabungan yang berdasarkan syariah, jadi secara moral aku merasa nyaman aja.
  2. dana terprogram karena hanya dikeluarkan sesuai tahap usia anak sekolah sehingga tujuan menabung tercapai yaitu sebagai dana pendidikan.
  3. jika pada tahap usia anak (jatuh tempo) dana tidak diambil, maka dana tersebut akan diinvestasikan.
  4. jika kita mengundurkan diri, maka kita tetap menerima sisa saldo rekening yang ada tanpa dikenakan denda atau pinalti.
  5. cover asuransinya meliputi, jika peserta mengalami musibah dlm masa perjanjian maka polis bebas premi, ahli waris dapat santunan 50% manfaat takaful awal (meninggal krn sakit atau cacat tetap total karena kecelakaan) atau 100% (meninggal krn kecelakaan), saldo rekening, dana sesuai tahap usia anak, beasiswa tiap tahun sejak mengalami musibah s/d 4 thn di PT; jika penerima hibah (anak) mengalami musibah dlm masa perjanjian maka peserta atau ahli waris mendapatkan saldo rekening, dan santunan 10% manfaat takaful awal (premi tahunan x masa perjanjian); jika dlm pemberian beasiswa di PT (4thn setelah masa perjanjian berakhir) peserta mengalami musibah maka ahli waris menerima sisa saldo (jika meninggal krn sakit atau cacat tetap total krn kecelakaan), sisa saldo dan 50% manfaat takaful awal (jika meninggal karena kecelakaan) sedangkan penerima hibah (anak) tetap menerima beasiswa sampai 4 thn di PT.

Meskipun setoran dananya sama dengan setoran tabungan pendidikan di bank Niaga, namun untuk perlindungannya lebih lengkap juga, yaa secara program menabungnyapun lebih lama (sampai usia anak SMA yaitu 18 thn). Tapi untuk Bunda yang memang serius ingin memanfaatkan dana ini sebagai dana pendidikan, ada baiknya jika setoranpun disesuaikan dengan kondisi riil di kemudian hari sehingga manfaatnya lebih terasa.

Gak ada salahnya untuk dicoba... yang namanya menabung insya Allah baik sesuai pula dengan niat baiknya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan