Bisnis Untuk Masa Pensiun

Friday, March 27, 2009

Info Botol BPA Free buat Anak

Sudahkah Bunda mendengar tentang BPA Free atau Bisphenol A yaitu semacam zat kimia yang terkandung dalam kemasan berbahan dasar plastik. Saat ini banyak yang menyarankan untuk melihat kode daur ulangnya yang ada pada kemasan atau botol susu untuk menghindari kandungan tersebut (bisa kunjungi http://iyandamai.multiply.com/journal/item/9/Kenali_Tanda_Segitiga_Pada_Kemasan_Plastik).

Namun nyatanya setelah beragam info yang cukup "menyentil " ibu-ibu khususnya, ternyata berkembang pula pernyataan bahwa BPA Free yang terkandung dalam kemasan botol susu anak ternyata tidak berbahaya karena sangat kecil kandungannya. Jadi ingat tentang kasus susu formalin, kemasan makanan styrofoam, semuanya tentang kesehatan. Mmm, anyway sebagai Bunda tetap ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Sejauh ini sih walaupun sedikit membuat jantung jadi deg-degan dengan berbagai info tersebut, mungkin ada hikmahnya juga bahwa sekarang masyarakat kita semakin concern dengan kesehatan. Harapan sih produsen reseller produk maupun pemerintah akan semakin ketat menyeleksi produk ke pasar, amiiiennn.

Btw, merk yang sudah memiliki produk BPA free seperti Avent, Nuby, Sassy Mam, Evenflo, Medela, Tommee Tippee, Playtex, Munchkin, Green to Grow, Born Free, Gerber, Think Baby cukup lumayan juga yaa harganya, yah ngestok maksimal 4 buah gak lupa stok juga 2 buah yang bahan kaca karena sebenarnya inilah yang paling aman. Ada sih yang pada takut pecah dan bahaya tapi menurutku kita bisa gunakan saat di rumah atau kalau anak masih baby waktu bepergian juga oke asalkan tetap kita yang pegang. Yah, it's your choice.

Berikut ada trik lain untuk menyiasati harga botol sehat yang "mahal" itu, semoga bermanfaat...

Sumber: pernikbayi.multiply.com
Belakangan ini banyak muncul berbagai informasi dan juga pertanyaan mengenai bahan kimia Bisphenol A (BPA) dan botol susu bayi berbahan Polycarbonate, termasuk utk produk Pigeon. Saya cuma ingin menunjukkan beberapa informasi yg berkaitan dengan topik ini berdasarkan beberapa sumber yg saya baca, dengan harapan dapat memberikan informasi yg lebih jelas sehingga bisa membantu konsumen untuk mengambil keputusan (memilih).


Masyarakat ilmiah memang masih terbagi pendapatnya dalam hal BPA dan masih diperlukan penelitian2 lebih lanjut untuk membuktikan bahwa BPA di botol susu polikarbonat memang berbahaya. Menurut para industri plastik, paparan potensial BPA thd manusia lebih dari 400 kali lebih rendah daripada dosis acuan US EPA. Level pemaparan yg rendah thd BPA ini tidak memberikan resiko terhadap kesehatan manusia (sumber: http://www.bisphenol-a.org/human/consafety.html)

Menurut U.S Food and Drug Administration (US FDA), the European Commission Scientific Committee on Food, the United Kingdom Food Standards Agency, the Japanese Ministry for Health, Labor and Welfare, and other regulatory authorities worldwide (sourced from www.bisphenol-a.org), penggunaan plastik polikarbonat dan resin epoxy utk pemakaian yg berkontak dgn makanan/minuman telah dan tetap dianggap AMAN.
Ada beribu-ribu produk yg menggunakan polikarbonat: berbagai jenis food containers, bagian dalam kaleng susu formula dan kebanyakan makanan kaleng, juga peralatan medis dan peralatan keamanan olahraga. Polikarbonat mencegah retak sehingga diandalkan pemakaiannya utk mencegah bahaya.

Menurut pernyataan dari pihak Pigeon (http://www.pigeonbaby.com.au/bpaInfo.php): Botol susu PIGEON mengandung kadar BPA yg minimal, kurang dari 0.01ug/ml (standar Eropa mengijinkan kadar BPA 0.04ug/ml). Hal ini dikarenakan botol susu Pigeon dibuat menggunakan bahan polikarbonat yg high grade. Namun utk menanggapi permintaan konsumen, Pigeon juga akan memperbanyak range produknya dengan produk2 yg BPA free, namun akan lebih mahal harganya.
Untuk para konsumen yg tetap menginginkan/memilih produk botol susu yg BPA-free, Pigeon juga memiliki beberapa jenis produk yg BPA free seperti :
- dot Pigeon peristaltik
- Pigeon soft spout
- MagMag drinking cup (termasuk nipple, spout, straw) import
- Pigeon food feeder (botol sendok)


Selain itu, berbagai item Pigeon lain yg bahannya PP juga BPA free, misalnya dot & ring botol susu Pigeon yg biasa, MagMag yg buatan lokal.

Jadi utk para ibu yg ingin mengganti botol susunya dengan produk yg berbahan PP (Polypropylene) agar lebih aman, ada alternatif yg lebih murah dibandingkan berbagai merk luar yg harganya pasti jauh lebih mahal. Alternatifnya :
1. botol sendok Pigeon (Pigeon Food Feeder spt yg ada di sini: http://pernikbayi.multiply.com/photos/album/69/Pigeon_-_various_baby_things#47) dan mengganti tutup sendoknya dengan ring, dot & tutup botol susu Pigeon yg biasa, yg semuanya itu bahannya bukan polikarbonat. Total harga utk alternatif ini hanya sekitar Rp 56.000,- (ukuran botol 240ml). Jauh lebih murah kan daripada yg merk2 import? Cuman penampilannya emang tidak secantik yg punya luar itu tadi sih tapi yg penting kan jauh lebih hemat
2. MagMag (lokal/import, step/model sesuai kebutuhan) spt yg ada di sini: http://pernikbayi.multiply.com/photos/album/69#
Kisaran harga: Rp 32.000 - 93.000,-

Referensi yg penting utk dibaca:

- http://www.bisphenol-a.org/human/consafety.html

- http://www.rsc.org/chemistryworld/Issues/2008/April/BisphenolABabyBottleDebate.asp

- http://www.pigeonbaby.com.au/bpaInfo.php

- http://www.msnbc.msn.com/id/26736202/#storyContinued



1 comment:

alt bayi said...

menambah wawasan , terima kasih bunda atas infonya...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan