Bisnis Untuk Masa Pensiun

Friday, August 3, 2012

Saat Anak Menolak, Lakukan Perintah Terbalik kepada Anak

Heeemm, berawal dari feedback anak-anak yang lebih sering berlawanan dari apa yang kuminta. Akhirnya tanpa sengaja aku mengatakan hal sebaliknya, dan heiiii justru mereka melakukan apa yang sebenarnya kuinginkan. Boleh juga nih bunda... :)

Perintah terbalik,
yaa terakhir kulakukan saat si abang sedang berada di lokasi pemotretan bersama dua saudaranya. Saat itu, dia sibuk bermain dan saat gilirannya tiba untuk photoshoot tiba-tiba dia berkata, "aagghh, abang males gak mau kerja.." lalu dia bersiap-siap menjauh. Panik deh aku bun, syukurnya aku langsung ingat dan dengan tenang aku menjawab, "oohhh, gak mau yaa... ya sudaaah, gak apa-apa, gak jadi fotonya Om" kataku pada fotografer. "Hari ini abang libur dulu ya Om, besok-besok aja fotonya" lanjutku. Akupun berakting hendak bersiap pulang, dan tiba-tiba si abang langsung berkata "Abang jadi aja deh fotonya..". Aiiihhh, leganya hatiku karena dengan sigap dia langsung bergaya, dan selesailah sesi pemotretannya. Cepat lagi.

Sang fotografer langsung komen, "bener ya ternyata, kalau anak-anak itu justru lebih ampuh diminta kebalikannya ketimbang dipaksa untuk melakukan apa yang kita minta. Ehh jangankan anak-anak deh, adikku yang sudah besar aja waktu lagi ngambek mau minggat, langsung dipersilahkan ibuku, dia malah jadi mundur". Heheheh ternyata mungkin memang ampuh ya bunda, untuk segala usia.

Ohya, katanya, secara psikologi memang ada ilmunya tuh, tapi aku gak ngerti sih cuma insting aja. Mungkin bunda yang tau ilmu psikologi bisa menjelaskan kenapa bisa demikian.

Jadi, saat anak bunda bersikeras menolak, berantem, dll dicoba yuk perintah terbalik. Semoga ampuh yaa bunda :)



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan