Bisnis Untuk Masa Pensiun

Tuesday, August 11, 2009

Bulan Syaban

Bulan ini adalah bulan Syaban, bulan yang diakui nabi Muhammad, SAW sebagai bulan beliau untuk mengagungkannya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

"Bulan Rajab itu adalah bulan Allah, bulan Sya'ban adalah bulanku, dan bulan Ramadlan adalah bulan ummatku"

Bulan Syaban adalah bulan yang diapit dua bulan penting lainnya (Rajab dan Ramadlan) sehingga manusia melupakannya.

Hikmah dari hal tersebut adalah apa yang datang dalam hadits yang diriwayatkan oleh An Nasa'i dan Abu Dawud dan ditas-hih oleh Ibnu Huzaimah dari Usamah bin Zaid, katanya:
"Aku berkata: Wahai Rasulullah, aku tidak melihat tuan berpuasa dari satu bulan dari beberapa bulan seperti puasa tuan dari bulan Sya'ban!"Beliau bersabda: "Itu adalah bulan yang dilupakan oleh manusia antara bulan Rajab dan Ramadlan. Bulan Sya'ban itu bulan amal-amal diangkat dihadapkan kepada Tuhan semesta alam. Oleh karena itu aku senang apabila amalku diangkat, sedangkan aku berpuasa!"
Sehingga bulan ini menjadi sarana latihan untuk menyambut bulan Ramadlan dengan kegembiraan kelak.

Adapun hal penting yang terlewat olehku adalah malam Nisfhu Sya'ban (pertengahan bulan Syaban yang jatuh pada tanggal 06 Agustus 2009), malam ketika Allah bersumpah pada diriNya untuk tidak menolak permintaan siapapun pada malam itu selama tidak meminta kemaksiatan. Untuk itu berusahalah dengan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri pada Allah, SWT dengan memperbanyak amal ibadah.

Pada malam ini 300 pintu rahmat telah dibuka, Allah mengampuni semua orang yang tidak musyrik kepada Allah, bukan ahli sihir, bukan dukun, bukan orang yang suka bermusuhan, bukan pemabuk arak, bukan pelacur, bukan pemakan harta riba, bukan pendurhaka terhadap kedua orang tua, bukan yang suka mengadu domba, dan bukan orang yang suka memutus tali persaudaraan, mereka semua itu tidak diampuni, hingga bertaubat dan suka meninggalkan.
Pada pertengahan bulan Syaban ini Allah membuka 300 pintu rahmat, artinya memberikan kesempatan kepada manusia untuk meminta kepada Allah. Rahmat atau energi/kekuatan yang tak terhingga yang datang dan bersumber dari Allah. Pintu-pintunya sebanyak 300 pintu dibuka oleh Allah untuk manusia yang mau memasuki pintu tersebut untuk mendapatkan Rahmat dari Allah, dan bagi manusia yang mau memasuki pintu rahmat Allah tersebut, maka Allah akan mengabulkan hajat /kebutuhan manusia yang mau meminta kepada Allah.
Ya Allah As Samii' (maha mendengar), Al Khabiir (maha mengetahui), Al Mujiib (maha mengabulkan)...

Sedih rasanya terlewat karena kesibukankukah? tapi pelipur laraku dengan menyebarkan info ini untuk dapat mengingatkan kembali (insya Allah tahun depan) dan walaupun terlewat setidaknya aku tetap akan berusaha sebaik-baiknya untuk turut mengagungkan bulan ini dengan memperbanyak puasa dan beribadah.

dari berbagai sumber yang diedit dan dimodifikasi
http://sistemdzikir.blogspot.com
http://pesantren.or.id


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan