Bisnis Untuk Masa Pensiun

Thursday, April 23, 2009

Closing Prulink Konvensional

Akhirnya tetanggaku jadi ambil Prulink konvensional untuk anaknya yang baru lahir Februari lalu, alhamdulillah satu lagi anggota keluarga yang diberikan proteksi dan tabungan untuk masa depannya. Meskipun yang diambil adalah minimal dana yaitu 350rb/bln, namun karena usia anak yang belum 1 tahun maka masih mendapatkan manfaat proteksi yang cukup besar. Selain itu, dia juga menabung langsung per tahun sehingga total dana yang disetor adalah 4,2jt.

Kelebihan menabung langsung per tahun diantaranya:

  1. Terhindar dari rutinitas tagihan bulanan terutama jika tidak melalui sistem debet rekening.
  2. Terhindar dari resiko lapse / batal proteksi akibat alpa / lupa menabung.
  3. Terhindar dari lanjutan resiko lapse yaitu pengulangan dari awal untuk masa tunggu pertanggungan atas klaim proteksi.


Masa tunggu ini sangat penting di mana ada batas waktu mulai berlakunya suatu pertanggungan klaim. Di Prudential sendiri terdapat masa tunggu, sbb:

  1. 1 (satu) bulan sejak disetujuinya polis maka pertanggungan atas proteksi rawat inap mulai berlaku.
  2. 3 (tiga) bulan sejak disetujuinya polis maka pertanggungan atas proteksi crisis cover (penyakit kritis) mulai berlaku.
  3. 1 (satu) tahun sejak disetujuinya polis maka pertanggungan atas proteksi penyakit tertentu baru mulai berlaku.


Kebayang kan jika terjadi lapse maka kita akan rugi waktu karena kejadian tidak terduga bisa saja terjadi kapanpun. Sedangkan dengan adanya masa tunggu ini maka minimal 1 bulan sejak disetornya kembali tabungan, kita baru mendapatkan perlindungan proteksi rawat inap.

Kenapa harus ada masa tunggu? Bisa dikatakan ini merupakan suatu perlindungan bagi perusahaan dhi. Prudential, untuk melihat good will atau niat baik dari seorang nasabah.

Kalau dipikir-pikir, memang sih untuk masyarakat kita masih banyak yang belum sadar akan pentingnya proteksi kesehatan.
Seperti aku sendiri baru mulai ngeh setelah menikah dan tidak bekerja lagi di perusahaan yang lama (yang artinya jika aku atau keluargaku sakit maka perusahaan sudah tidak menanggung biaya lagi) sehingga kombinasi antara tabungan dan proteksi bagiku kini sangat penting. Padahal jika saja aku sudah mulai menabung sejak awal bekerja, berarti aku sudah menjalani program menabungnya selama 6 tahun sehingga kewajiban menabung di Prudential hanya tinggal 4 tahun lagi. Tidak peduli apakah aku masih bekerja di perusahaan yang lama atau tidak maka aku akan tetap memiliki cadangan biaya pertanggungan apabila sakit.

Yaahh, begitulah harga sebuah pelajaran hidup, setidaknya kini aku sudah mengambil hikmahnya dan coba membantu keluargaku yang lain, teman bahkan orang lain untuk lebih cepat menyadari pentingnya hal ini. Semoga Allah, SWT menguatkanku dan memperlancar niatku. Amiiinnn....


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Penghasilan Tambahan dari Belanja Bulanan